You are currently viewing Paket Tumpeng Untuk Selamatan Rumah Baru

Paket Tumpeng Untuk Selamatan Rumah Baru

  • Post author:
  • Post category:Blog

Menempati rumah baru adalah momen menyenangkan atas keberhasilan usaha yang dilakukan sebelumnya. Namun, masyarakat tidak serta merta langsung menempati rumah baru begitu saja. Mereka akan melakukan selamatan. Oleh karena itu, pilihan tumpeng untuk selamatan rumah baru jadi solusinya. 

Sebenarnya kenapa ketika pindahan rumah harus melakukan selamatan? Memang dalam tradisi masyarakat Jawa ada mitos yang dipercaya jika tidak melakukan selamatan di rumah baru. Penghuni rumah dapat merasakan tidak nyaman alias tidak kerasan di rumah tersebut. Benarkan demikian? Inilah penjelasannya!

Baca Juga : Cara Membuat Tumpeng Getuk Singkong Yang Enak

Alasan Kenapa Harus Melakukan Selamatan Di Rumah Baru 

Umumnya masyarakat Indonesia mempunyai tradisi masing-masing ketika pindah rumah. Bagi umat muslim di Indonesia sendiri saat menempati rumah baru, pasti mereka mengadakan selamatan terlebih dulu. 

Hal ini diartikan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang  telah memberikan rezeki, perlindungan dari segala bentuk mara bahaya sehingga rumah dalam berdiri dengan baik. Dalam islam ungkapan rasa syukur ini boleh dilakukan bahkan dianjurkan. 

Alasannya karena nikmat yang sudah diberikan Allah SWT kepada kita, sebaiknya memang harus dimanfaatkan dengan tujuan yang baik. Melakukan selamatan, pasti mengundang lebih dari 1 orang. Jadi, Anda dapat membagi rezeki kepada orang lain. 

Dalam acara selamatan ini biasanya dipimpin oleh pemuka agama atau pak ustadz. Acara akan berlangsung dengan zikir bersama, makan bersama dan sebagainya. Pada sesi makan bersama ini biasanya ada momen potong tumpeng. Meski tidak semuanya menggunakan. 

Anda pasti pernah mendengar tentang tumpeng untuk selamatan rumah baru. Artinya tumpeng disini adalah simbol rasa syukur atas rezeki yang telah Allah SWT berikan. 

Sekarang ini Anda bisa dengan mudah memesan nasi tumpeng sesuai selera dan Akan lebih hemat jika memesan paket tumpeng untuk selamatan rumah baru. 

Apa Fungsi Tumpeng Untuk Selamatan? 

Memang tidak semua selamatan menggunakan tumpeng. Namun tumpeng yang hadir di acara selamatan adalah bentuk menjaga tradisi yang erat. Sejak dulu pun masyarakat Jawa utamanya, selamatan identik dengan tumpeng. Bahkan tumpeng juga dijadikan syarat wajib beberapa acara yang ada di Indonesia. 

Tumpeng ini ibaratnya bentuk syukur manusia atas apa yang sudah mereka peroleh. Biasanya tumpeng akan dipotong selesai doa bersama. Pemotongan ujung tumpeng akan diberikan kepada orang yang dituakan atau dihormati. Selanjutnya sesudah pemotongan ujung tumpeng, semua orang bisa bergantian memakan tumpeng itu. 

Pilihan Tumpeng Untuk Selamatan Rumah Baru Dari Salama Catering

tumpeng untuk selamatan rumah baru

Salama Catering siap melayani pembelian tumpeng aneka bentuk sesuai dengan pesanan. Kami bisa melayani pesanan utamanya di daerah Tangerang Selatan, Depok, Tangerang, dan Bogor. Pilihan paket tumpeng dari Kami adalah : 

1. Paket menu tumpeng mini/box

  • Isi nasi kuning/nasi putih/nasi uduk, perkedel, ayam goreng, urap/sambal kentang, mie/bihun, sambal, orek tempe, lalap, dan sendok. Harganya hanya Rp 30 ribuan saja. 
  • Isi nasi kuning/nasi putih/nasi uduk, perkedel/sambal kentang, ayam goreng, orek tempe, mie/bihun, sambal, lalapan dan sendok. Harganya hanya Rp 25 ribuan saja. 
  • Isi nasi kuning/nasi putih/nasi uduk, telur balado, Nugget, mie/bihun, orek tempe, sambal, lalapan dan sendok. Harganya hanya Rp 20 ribuan saja. 

2. Paket menu tumpeng besar 

Biasanya diletakkan di tampah, paket porsi dan harganya adalah sebagai berikut : 

  • 50 porsi Rp 1.300.000
  • 40 porsi Rp 1.150.000
  • 30 porsi Rp 950 ribu
  • 25 porsi Rp 850 ribu
  • 20 porsi Rp 750 ribu
  • 15 porsi Rp 600 ribu
  • 10 porsi Rp 475 ribu
  • 5 porsi Rp 375 ribu

Menu bisa menyesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Bahkan Anda bisa memesan menu tambahan seperti, daging empal / gepuk, ayam bakar, telor balado, ikan asin kapas balado, perkedel kentang, urap, dan teri kacang balado. 

Baca Juga : Tumpeng Pungkur : Pengertian, Isi dan Makna

Tunggu apalagi! silakan hubungi kami Salama catering dan temukan tumpeng untuk selamatan rumah baru yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.